BERAGAM MOBIL TERBANG ANTARA FAKTA DAN IMPIAN

MOBIL-TERBANG-4

Impian manusia untuk membuat dan merancang mobil berjalan di jalan raya dan bisa terbang sudah ada sejak dulu.  Faktanya sekarang adalah Perusahaan otomotif asal Slowakia, AeroMobil, baru saja merilis video perdananya yang menampilkan ciptaan tercanggih mereka yaitu MOBIL TERBANG. Video yang sangat menarik ini dikeluarkan sebagai bukti nyata bahwa AeroMobil siap bersaing dengan perusahaan-perusahaan terkenal di dunia

MOBIL-TERBANG-2

Mobil Terbang AeroMobil

Di atas adalah gambar Mobil terbang buatan AeroMobil, saat akan terbang sayap mobil ini akan dikembangkan, kemudian mengambil ancang-ancang lepas landas, dan mengudara. Video yang direlease  memperlihatkan setelah beberapa menit bermanuver di langit, AeroMobil kembali mendarat dengan mulus. Kemampuan jelajah mobil terbang ini mencapai 700 kilometer, kecepatan lepas landas 130 kpj, dan kecepatan maksimal di udara 200 kpj, dengan fungsi otopilot.

MOBIL-TERBANG-1

Mobil Terbang Terrafugia Transition

Amerika sebagai negara Super Power juga tidak mau kalah ketinggalan, Mobil terbang yang dirancang oleh perusahaan asal Amerika Serikat (AS) Terrafugia bernama Terrafugia-Transition bisa melaju hingga 240km/jam di darat dan 720km/jam ketika mengudara. Tetapi tidak sembarang orang boleh mengendarai mobil terbang ini karena syaratnya harus pilot yang sudah mengantongi pengalaman terbang minimal 20 jam. Harga mobil ini dipatok mulai US$ 290 ribu  atau sekitar Rp 3 miliar.

MOBIL-TERBANG-5 Mobil Terbang Pal-V One

Belanda hadir dengan mobil terbang yang bernama  Pal-V One, harga mobil yakni sekitar  US$295.000 atau sekitar Rp 3,5 miliar. Sebenarnya, secara teknis dan bentuknya, kendaraan ini bukanlah mobil tetapi lebih seperti sepeda motor roda tiga yang dapat berubah menjadi gyrocopter.

Kecepatan, mobil terbang ini bisa memcapai 112 mph dan melaju dari 0-60 mph dalam waktu kurang dari 8 detik, serta mampu menempuh jarak ketinggian 540 kaki. Pada Waktu berubah menjadi mobil terbang, rotor pada bagian belakang menjadikannya terlihat seperti helikopter, lebih terlihat gyrocopter atau autogyro.

MOBIL-TERBANG-6

MOBIL-TERBANG-7

Impian membuat dan merancang mobil terbang juga dilakukan oleh Pabrikan Volkswagen (VW).  Namun lebih tepatnya disebut MOBIL APUNG. Mobil ini dirancang dengan sistem elektromagentik, meluncur menggunakan emisi nol dan sensor khusus untuk menghindari tabrakan. Sebenarnya, mobil apung ini masih sebatas konsep impian.  Tetapi pihak Volkswagen sangat antusia dengan mulai mengerahkan peneliti-penelitinya untuk dapat memproduksikan secara besar-besaran.

MOBIL-TERBANG-3

Demikianlah fakta dan impian manusia untuk membuat dan merancang mobil terbang. Tentunya kalau memang mobil-mobil terbang ini direlease dan diperjualbelikan hanya orang-orang berkantong tebal saja yang bisa membelinya karena harganya berkisar Rp. 2 – 3 milyar.